CARA MEMILIH TELUR BERKUALITAS BAIK

CARA MEMILIH TELUR BERKUALITAS BAIK

Telur merupakan makanan atau lauk pauk yang kaya akan protein. Anak-anak tahu seseorang di usia remaja akan bisa didukung pertumbuhannya jika memakan makanan yang kaya akan sumber protein yang satu ini. Selain dapat dimakan telur juga dapat digunakan untuk hal yang lainnya. Namun telur lebih sering digunakan sebagai bahan masakan. Untuk menghasilkan makanan yang berkualitas baik kamu harus memilih telur dengan kualitas yang baik pula. Nah, jika anda saat ini belum bisa mengetahui bagaimana ciri-ciri telur yang mempunyai kualitas baik. Kamu bisa menyimak artikel ini sampai bawah.

Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Mendapat Telur Berkualitas Baik

Selain  kaya akan protein, telur juga dikenal akan kandungan antioksidannya yaitu zat lutein dan zeaxanthin yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata. Terutama menjadi antisipasi terjadinya penyakit mata seperti katarak dan degeneratif. Telur ayam juga dapat digunakan untuk menaikkan massa otot. Jika kamu sedang ingin berbelanja telur ayam kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini agar kamu bisa mendapat kualitas telur yang baik .

  • Memilih berdasarkan bentuk telur

Bentuk telur dapat dijadikan patokan saat kamu akan memilih telur dengan kualitas yang baik. Telur yang berbentuk bulat mempunyai kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan telur yang berbentuk lonjong. Hal ini dikarenakan telur yang berbentuk bulat memiliki lebih banyak kuning telur dibandingkan  dengan telur yang berbentuk lonjong yang memiliki lebih sedikit kuning telur.

  • Memilih berdasarkan cangkang telur

Pada awalnya telur memiliki warna yang tidak kusam dan tidak keruh. Telur juga tidak memiliki bintik-bintik hitam pada cangkangnya. Namun jika kamu menemukan telur berbintik hitam pada cangkangnya bisa jadi itu pertanda bahwa telur itu sudah lama. Sehingga jamur tumbuh di cangkang telur sebut dan menyebabkan bintik hitam itu. Cangkang telur yang disentuh  mempunyai tekstur kasar dan ada partikel butiran putihnya berarti telur itu msaih segar. Sedangkan kulit telur atau cangkang yang mengkilap dan mulus bisa jadi pertanda bahwa telur itu sudah disimpan lama.

  • Mengguncanya dengan perlahan

Telur yang berkualitas baik saat di guncangkan tidak akan mengeluarkan suara. Karena telur yang baik mempunyai tekstur putih telur yang kental berbeda dengan yang sudah lama putihnya akan lebih encer. Sehingga jika dikocok akan mengeluarkan suara. Kamu dapat melakukannya dengan cara mengguncang telur dengan perlahan kemudian kamu dekatkan ke telinga kamu. dan dengarkan apakah mengeluarkan suara ataukah tidak.

  • Merendam telur di  dalam air

Mungkin kamu sudah pernah mendengar ini. Yang menentukan kualitas telur dapat dilakukan dengan mengamati telur saat direndam. Telur yang tenggelam dan posisinya tertidur, menandakan telur itu masih segar dan berkualitas sangat baik karena baru beberapa hari usianya. Telur yang tenggelam dengan posisi tertidur namun ujungnya lebar sedikit menandakan usia telur tersebut sudah mencapai 1 minggu dan cukup baik untuk dikonsumsi dan jika anda menyimpannya di dalam lemari pendingin maka segeralah memasaknya. Telur yang tenggelam yang ujung runjung dan elber nya sedikit seperti mengapung  berusia sekitar 3 mingguan, kurang baik jika dikonsumsi. Sedangkan  telur yang mengambang sampai ke permukaan air adalah telur yang sudah sangat lama. Bahkan sudah busuk dan juga tidak layak untuk dimakan atau dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *