CARA MERAWAT PAKAIAN AGAR AWET

9 Cara Merawat Baju Putih agar Awet dan Tak Cepat Kusam

Pakaian merupakan kebutuhan pokok setelah pangan di sebuah kehidupan manusia. Pakaian sendiri memiliki banyak jenis. Bahkan setiap negara memiliki jenis dan style nya masing-masing saat menggunakan pakaian. Setiap orang memiliki pakaian yang berbeda-beda bentuknya. Mayoritas orang juga memiliki banyak jenis pakaian setidaknya paling sedikit selusin atau dua lusin. Nah, berbagai jenis pakaian juga di jual dengan harga yang berbeda-beda pula. Bahkan bisa membuat sendiri dan dijadikan sebagai brand. Nah, pakaian yang memiliki brand ternama mungkin menurutmu mahal. Sebab brand tersebut memiliki jenis pakaian yang menarik dan juga memiliki kualitas yang sangat baik. Namun jika ingin sesuai budget kamu hanya perlu membeli pakaian yang kualitasnya sama dengan brand ternama namun juga dengan harga yang terjangkau. 

Beberapa Tips Merawat Pakaian Agar Tak Cepat Rusak

Kita sebagai manusia memang menginginkan pakaian bisa awet dan juga tahan lama. Namun terkadang cara merawatnya yang salah malah membuat pakaian tersebut menjadi rusak. Nah, untuk itu kita harus merawatnya secara berhati-hati dan juga rutin. Tak sedikit orang bahkan membuang baju yang sudah lama tidak dipakai karena salah saat merawatnya dan menjadi rusak. Akhirnya hanya dapat merugikan diri sendiri. Sehingga seterusnya kamu akan membeli banyak baju dan juga teliti saat merawatnya. Merawat baju agar selalu tetap awet memang agak susah-susah gampang. Nah, untuk itu kita perlu tahu cara yang benar dalam merawat pakaian sebagai berikut:

  • Mencuci pakaian sesuai dengan warna

Langkah ini seringkali kita lupakan. Padahal sangat penting untuk diperhatikan. Caranya kamu hanya perlu memisahkan warna pakaian dengan teliti. Ini gunanya agar pakaian yang berwarna cerah misalnya putih tidak kelunturan oleh warna baju yang lain, juga menjadikan pakaian berwarna terang tersebut menjadi lebih bersih dan enak dipandang. 

  • Pisahkan jenis pakaian

Ketika kamu ingin mencuci pakaian menggunakan mesin cuci sebaiknya pisahkan terlebih dahulu jenis pakaian nya. Misalkan seperti pakaian dalam, selimut, jaket, handuk dan juga pakaian lain. Ini tentu akan lebih mudah saat mencuci nya juga agar kotoran atau kuman tidak tercampur dengan pakaian lain. Cobalah untuk mencuci pakaian secara bertahap. 

  • Semua pakaian tidak harus menggunakan mesin cuci

Nah, untuk kamu yang mempunyai mesin cuci pastinya kamu akan mencuci semua pakaian kamu. Namun tidak semua pakaian menggunakan mesin cuci. Ada terdapat pakaian yang cepat rusak jika dicuci dengan mesin tersebut. Contohnya pakaian dalam, kaos kaki dan juga pakaian berbahan lembut lainnya. Karena dapat melonggarkan kekencangan dari pakaian tersebut. sebaiknya kamu cuci manual saja dan tidak perlu di sikat agar tidak merusak kelembutan pakaian tersebut. 

  • Membalikkan pakaian saat di jemur

Nah, ketika menjemur sebuah pakaian pastinya kamu ingin semua pakaian menjadi kering. Nah sebaiknya agar keringnya merata kamu balikkan pakaian kamu yang kamu jemur tadi. Sebab jika tidak di balik akan membuat pakaian tersebut tidak merata warnanya. Karena hanya sebagian yang terkena sinar matahari secara langsung dan dapat melunturkan warnanya. Akan lebih baik jika pakaian tertentu tidak dijemur secara langsung di bawah sinar matahari melainkan di tempat teduh yang mendapatkan panas dan juga berangin. 

Nah, itulah beberapa cara yang tepat saat merawat pakaian agar tidak cepat rusak dan awet. Jika kamu merawat secara rutin dan bersungguh-sungguh. Pakaian yang kamu gunakan akan selalu terlihat bersih layaknya baru dan juga tahan lama. Jadi tidak ada alasan lagi untuk membuang pakaian. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *