PANIK SAAT MENGEMUDI? IKUTI LANGKAH MUDAH BERIKUT INI!

Mengemudi merupakan hal yang umum yang dapat berpotensi mengalami kepanikan atau kecemasan dalam mobil. Seperti ketika di jalan, menanjak jalanan, jalanan berlubang, jembatan, terowongan bahkan hingga ke rute yang ekstrem. Sehingga hal ini memang bukanlah hal yang mudah guna mengatasi rasa panik saat mengemudi, terlebih jika seseorang yang pernah mengalami kejadian trauma perjalanan jarak jauh. Sehingga, hal ini lebih mudah mengalami rasa cemas dan panik saat mengemudi. Betapa banyak orang yang mengemudi ini menggunakan solusi berhenti mendadak, yang mana justru mengakibatkan resiko terjadinya kecelakaan beruntun. Maka hal ini harus segera dicegah dan harus lebih berhati-hati lagi. Tanda-tanda timbul rasa panik di saat mengemudi ini yaitu gelisah, kurang percaya diri untuk mengemudi, takut dengan kendaraan lain yang berlawanan arah. Sehingga hal inilah yang dapat menyebabkan resiko terjadinya kecelakaan.

PANIK SAAT MENGEMUDI? IKUTI LANGKAH MUDAH BERIKUT INI!

Tips Mudah Mengatasi Rasa Panik Saat Mengemudi

Menurut pakar, mengatasi rasa panik ini seharusnya dilakukan sebelum proses mengemudi. Sehingga persiapan lebih matang ini dapat mengurangi rasa panik saat mengemudi. Pastikan kondisi mobil ini bisa terus dalam keadaan optimal. Memang serangan panik ini dapat muncul dengan tiba-tiba, sehingga rasa panik ini tidak bisa kita prediksi. Sebab, rasa panik ini memang dapat muncul tanpa sebab. Sehingga rasa panik yang muncul ini dapat mendorong melakukan berbagai tindakan yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Nah, untuk itu tips mudah guna mengatasi rasa panik selama mengemudi;

  • Ketahui hal pemicu rasa panik

Rasa panik dan cemas saat mengemudi ini memang diawali dengan rasa takut. Sehingga hal ini dapat membantu anda untuk mendorong ke hal-hal yang dapat membahayakan diri anda. Padahal rasa takut ini memang bukanlah hal yang mendasar, seperti ketika anda sedang mengemudi tiba-tiba anda menjadi sangat emosional yang mana disertai pemikiran dengan pertanda buruk yang akan menimpa anda. Oleh karena itu, kenali pemicu rasa panik anda yang mungkin saja bayangan kecelakaan di masa lalu atau hal yang lain sehingga hal ini dapat membantu anda guna mengatasi rasa panik anda.

  • FokusĀ 

Di saat anda sedang mengemudi maka, jangan bayangkan medan jalan yang akan anda lalui. Sebab, hal inilah yang dapat memicu rasa ketakutan itu datang sehingga terus membayangi pikiran anda selama mengemudi. Lebih baik fokus mengemudi dan jangan membayangkan hal apapun yang dapat menimbulkan rasa panik. Anda bisa menikmati perjalanan dengan sesekali melihat kanan kiri pemandangan, hal ini juga upaya untuk tidak membayangkan hal buruk.

  • Memperlambat laju kendaraan

Ketika anda takut dengan kondisi jalanan sekitar maka ada baiknya jika anda memperlambat laju kendaraan anda dan beralih di jalur lambat. Memang saat mengemudi ini muncul rasa takut saat anda berpapasan dengan kendaraan besar. Yang mana hal ini dapat menyebabkan kehilangan kendali. Jika hal tersebut terjadi, maka anda bisa tarik nafas dalam-dalam serta mengunyah permen karet yang dapat mengatasi nervous.

  • Mengatur rute perjalanan

Jika anda masih berat untuk menyetir sendiri dengan melewati medan jalan yang sekiranya anda kurang mampu, maka anda bisa mengatur rute perjalanan kembali. Sehingga jika merubah rute perjalanan ini maka anda bisa lebih nyaman saat mengemudi. Hindari jalanan tanjakan, jembatan, terowongan yang mana hal ini dapat berpotensi resiko terjadi kepanikan dan rasa cemas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *